Kamis, 24 Maret 2011

Cara Install Office 2003 dan Office 2007 pada Windows XP

Ada beberapa client saya yang sering meminta agar komputer atau laptopnya dipasangi MS. Office2003 dan MS. Office 2007 sekaligus. Namun terkadang sering bentrok dan akses bukanya pun jadi lama. Nih ada sedikit tips dari saya agar tidak terjadi bentrok dan tidak lama tuk bukanya, bahkan bisa tampil secara bersamaan. mau tahu caranya? Ok, ikuti aja petunjuknya di sini ....


Caranya sebagai berikut ini.
Setelah selesai Install Microsoft Office 2003 seperti biasa, berikutnya tinggal install Microsoft Office 2007. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada tahapan ini .
Setelah memasukan CD-Key, pada tahap "Choose the installation you want" pilih Customize. Bukan "Upgrade" karena pilihan ini akan mengUpgrade Office 2003 anda menjadi 2007.. !!! udah tau kok! (^_^)..he he..

Pada layar berikutnya, pilih tab Upgrade. Di sini ada 3 pilihan yang tersedia, tentunya kita harus memilih Keep all previous versions, yang artinya kira2 "tetap membiarkan versi sebelumnya"

Selanjutnya, pilih tab "File Location" untuk menentukan lokasi hasil instalasi. Sebetulnya ini tidak perlu dirubah, hanya saja disarankan untuk menggunakan folder yang berbeda untuk mencegah konflik yang mungkin saja terjadi. Sebagai contoh, di sini saya membuat folder Microsoft Office 2007.

Bagian Installation Options adalah pemilihan aplikasi saja yang akan kita install, tentunya ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
Lanjutkan proses instalasi dengan menekan tombol Install Now. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai dan (sebaiknya) Windows di-restart dulu.
Proses akhir adalah menambahkan beberapa entri pada Registry agar kedua versi Office ini dapat berjalan berdampingan. Caranya mudah kok, jalankan Run pada Windows atau bisa juga dengan tombol shortcut Windows + R. Lalu pada kotak dialog Run yang muncul, ketikan perintah berikut ini:
reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\11.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1
Tekan Enter lalu ketikan lagi perintah berikut ini:
reg add HKCU\Software\Microsoft\Office\12.0\Word\Options /v NoReReg /t REG_DWORD /d 1
Enter dan restart kembali Windows anda.
Sampai pada tahapan ini, kita sudah dapat menggunakan kedua versi Office, baik Office 2003 maupun Office 2007 secara berdampingan dalam satu Windows.

dan selesai sudah...cukup mudah bukan...?
Semoga bermanfaat...
Best Regards,

Antasari R.
http://BelajarKomputerBone.blogspot.com

2 komentar:

  1. kalau 2003 dan 2010 apa caranya sama gan ! trims

    BalasHapus
  2. TAMBAHAN - Mengubah Office 2003/2007/2010 menjadi bahasa Indonesia
    Cek ke http://adf.ly/AugNa

    BalasHapus

silahkan komentar ya...trims