Sabtu, 11 September 2010

Alexa, Memantau Perkembangan Pengunjung Blog Anda

Halo teman2...masih ada ketupat ama buras nih...? Gimana lebarannya ama keluarga? Pasti Ramai ya? penuh suka cita dan sedikit mengharukan...bukan...? Pas selepas Shalat Id, Khotbahnya sangat..sangat..sangat menyentuh hati nurani kita...sebagai manusia biasa sih..pasti ada salah dan dosa, baik sengaja maupun tanpa disengaja. Terutama sekali pada kedua orang tua kita. Nah...supaya hati jadi tenang mari kita kunjungi kedua orang tua kita, lalu cium tangan mereka. Bagi teman2 yang salah satu atau kedua orang tuanya telah tiada, berdoalah buat mereka, semoga diberi tempat yang tertinggi di sisi Allah SWT. dan semoga Allah tetap melimpahkan Rahmat dan KaruniaNya kepada Kita Sekalian...Amien....Sekali lagi, Minal Aidhin WalFaizin, Mohon Maaf Lahir & Bathin...
Teman2, setelah kita saling bermaafan, kita kembali ke laptop eh blog ...kali ini saya ingin berbagi informasi tentang Alexa tool bar. Saya pernah posting mengenai Alexa ini, silahkan baca di sini, namun ada yang tertinggal. Yaitu tool alexa yang mesti kita pasang di status bar browser kita. Namanya Alexa status bar. Apa sih gunanya?
Biar kita lebih mudah mengetahui tingkatan traffic suatu website atau blog termasuk blog kita sendiri, karena nilai trafficnya bisa langsung tertera di status bar browser kita walau web atau blog tersebut tidak memiliki widget alexa tool . Semakin kecil nilainya berarti traffic website atau blog tersebut semakin baik. Sebagai contoh saja, Blog saya ini, Belajar Komputer Bone, awalnya memiliki rank alexa sebanyak 26.xxx.xxx saat baru saja saya pasang. Setelah berjalan 2 bulan, sambil posting dan promosi sana-sini, juga belajar mengenai CEO, satu per satu pengunjung berdatangan dan akhirnya turun sampai 5.xxx.xxx. Namun karena saya juga masih BELAJAR ngeblog, saya ingin mempraktekkan bagaimana merubah template dan saya juga utak-atik di beberapa tempat termasuk di setting HTML blog saya, dan semua gagal. Akhirnya saya kembalikan ke template semula. Tapi apa yang terjadi ? Alexa rank Blog ini kembali pada setting baru lagi, dengan nilai 26.xxx.xxx. itu terjadi di 12 JULI 2010. Waduh! Ya, apa boleh buat...saya mulai posting dan promosi lagi...akhirnya alexa rank mulai membaik lagi, dari 26.xxx.xxx turun menjadi 25, 24,23...dan pada tanggal 24 Agustus 2010 nilainya menjadi 8.471.153 dan saat saya melakukan posting ini ( 11-09-2010 ) telah menjadi 2.336.302. Nah begitulah pengalaman saya menggunakan tools dari alexa rank. Untuk install Alexa status bar silahkan klik di sini.
Semoga bermanfaat,
Antasari R.

2 komentar:

  1. Sangat bagus....semoga hal2 begini terus dikembangkan agar ada penambahan pengetahuan dan wawasan buat teman2 bloger... sukses..

    BalasHapus
  2. @Amrullah.trimakasih komentarnya teman, semoga sukses selalu..amien...

    BalasHapus

silahkan komentar ya...trims