Kamis, 05 Agustus 2010

Netbook Elevo 10 Inch Tidak Mau Boot Saat Mau di-install Ulang

Beberapa hari yang lalu saya ditelpon oleh seorang teman. Ia bertanya, “bisa hidupkan yang sudah mati kah?’. Saya sedikit kaget dan heran. Kagetnya siapa keluarga teman yang mati ( meninggal ). Terus herannya , tidak biasanya teman ini menelpon secara tiba2 dan memberiku pertanyaan yang aneh.

Ternyata…ada netbook temannya yang bermasalah. Setelah dibawa ke tempat servis, yang awalnya bisa hidup dll, Cuma masalahnya, pada saat berada di MS. Word, secara tiba2 ketikan ter-blok berjalan dengan sendirinya dan tidak dapat dihentikan. Dan ujung2nya, ketikan tidak bisa diedit atau dilanjutkan.Tapi pas diutak-atik oleh tukang servis malah jadi tambah penyakitnya, yaitu tidak bisa masuk windows dan juga tidak bisa booting cdrw lagi hingga divonis bahwa harddisknya telah rusak. Makanya teman istilahkan “sudah mati mau dihidupkan lagi”.

Alhasil saya datang dan lihat Netbook tersebut. Merk Lenovo 10”. Akhirnya saya minta bawa saja ke rumah, biar kerjanya lebih konsentrasi gitu…..
Di rumah saya mulai memasang CDRW dan kabel konektor ke netbook tersebut dan mencoba melakukan install ulang. Berkali2 saya lakukan tapi tetap saja gagal, tidak mau booting CD.!!Saya kemudian mengecek bios lebih saksama lagi dan kayaknya tidak ada yang salah dalam setting biosnya. Saya pun mencoba windows xp yang lain sampai sp3 pun tetap tidak mau booting di cd rw.

Hampir putus asa saya rasanya. tapi saya yakin hardisk tidak masalah karena di bios masih terdeteksi dengan sempurna dan juga masih terdengar geritan suara hardisk berputar. Lalu gimana lagi ya…?

Akhirnya saya buka cover belakang Netbook tersebut, lalu saya cabut hardisknya dan saya pasang ke kompi saya. Lagi2 saya bingung karena tidak ada tanda2 bahwa ada perangkat baru yang terpasang di komputer. Saya cek di device manager, ternyata ada dan jelas terdeteksi. Tapi kok tidak ada di explorer ya?

Lagi2 saya lakukan trying and error dengan memasukkan cd booting windows xp sp2 sata ke dalam cd rw dan melakukan install. Dan… pantas saja…..ternyata…hardisk mengalami kerusakan master boot dan sudah tidak memiliki isi alias data semua sudah hilang! Saya tidak berpikir panjang lagi untuk berusaha menyelamatkan datanya, karena yang ada dalam pikiran saya bahwa yang teramat penting adalah bagaimana netbook tersebut bisa di install kembali. Dan Pemiliknya pun sudah merelakan datanya jika sulit diselamatkan lagi. Jadi saya langsung melakukan penghapusan partisi dan membuatnya 3 partisi.
Pas setelah selesai saya tekan f3 dan biarkan kompi saya merestart. Setelah hidup kembali Hdd tersebut sudah bisa diakses dan sudah pasti bisa di-install ulang….horeee….!

Akhirnya saya berhasil melakukan install sampai selesai….Cuma sayang, masalah yang belum terselesaikan adalah kenapa selalu saja ter-blok sendiri saat berada di ms. word ya…? Atas kasus ini saya telah melakukan install ulang pada netbook tersebut sebanyak 4 kali dengan windows yang berlainan dan tetap saja hasilnya sama. Saya sih punya analisa bahwa kerusakannya ada pada onderdil keybordnya.

Adakah teman2 punya masalah seperti ini dan punya solusi?Silahkan komentar, tabe'!
Semoga bermanfaat,

Antasari R.