Sabtu, 29 Januari 2011

Cara Membuat Flash Disk Booting dengan Windows Seven

Saya sering mendapatkan order netbook untuk diinstal, memang agak repot sih, karena netbook tidak memiliki CD/DVDRom/RW. Jadi kita mesti pasangkan CD/DVD external. Ya, itu kalau punya...kalau tidak punya? Ya, beli dong...tapi klo gak punya uang?, ya...mungkin bisa pinjam ama teman siapa tau ikhlas minjaminnya. Cuma kalau lagi sial, CD/DVD external teman tiba2 rusak saat dipakai, tanggung jawab ya..?!
Hm...dari pada harus nanggung resiko itu, mending belajar aja cara Install pake Flash Disk.

Nah, untuk bisa melakukan hal ini, yang pertama kali harus anda lakukan adalah membuat Flash Disk Instalasi-nya. Ada dua cara yang bisa anda lakukan ketika ingin membuat Flash Disk Instalasinya.

Pertama dengan membuat Flash Disk Instalasi dari file ISO-nya (Kalau punya) dan yang ke dua kita buat dari CD/DVD instalasi Windows 7 itu sendiri.

Untuk cara pertama anda butuh sebuah software yang bernama Windows7 USB DVD tool. Kemudian Flash Disk tersebut minimal berukuran 4Gb.

Caranya kurang lebih gini:

1. Jalankan Windows7 USB DVD tool, klik Browse lalu cari ISO-nya dan klik Next

2. Tentukan media yang akan digunakan. Karena ingin menggunakan media Flash Disk, maka pilih saja USB Device.

3. Tentukaan drive USB Flash Disk nya. Windows7 USB DVD tool dengan otomatis mengenalinya. Klik "Begin Copying"

4. Tungu hingga proses peng-copi-an selesai.

5. Jika proses copy sudah selesai, maka anda tinggal menancapkan Flash Disk tersebut pada Netbook anda, masuk ke BIOS, ganti prioritas boot ke Removable Storage.

Jika anda punya CD/DVD Installer Windows 7, anda bisa menggunakan software WinToFlash.

1. Setelah anda mendownload software WinToFlash, ekstrak lalu double klik file WinToFlash.exe. Tampilan WinToFlash akan muncul.

2. Klik 'Windows Setup Transfer Wizard". Setelah muncul halaman "Welcome" klik "Next" dan pilih drive yang berisi DVD instalasi Windows 7 dan drive USB nya.

3. Akan muncul halaman Windows License Agreement, lalu pilih "I Accept" dan klik "Continue" dan akan muncul peringatan bahwa Flash Disk akan di format. Klik OK saja.

4. Proses peng-copi-an ke Flash Disk akan berlangsung. Tunggu sampai selesai.

5. Jika proses copy sudah selesai, maka anda tinggal menancapkan Flash Disk tersebut pada Netbook anda, masuk ke BIOS, ganti prioritas boot ke Removable Storage dan lanjutkan penginstalannya sampai selesai...Ok?
Selamat Mencoba,

Semoga bermanfaat...
 Best Regards,
Antasari R.
http://BelajarKomputerBone.blogspot.com