Minggu, 22 Agustus 2010

Mangamankan Data Penting Komputer dengan Kaspersky


Teman2, satu lagi informasi penting harus diketahui, terutama teman2 yang memiliki data Penting di Komputer.

Data data penting tentu harus selalu terjaga agar tidak tercuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Antivirus Kaspersky punya fitur khusus sehingga data-data kita sulit tercuri. Konsepnya cukup sederhana namun sangat ampuh. Namanya Virtual Keyboard.

Banyak orang cemas kalau Malware bisa merusak data, membuat komputer hang, atau mengubah tampilan komputer. Itu dulu, sekarang tingkat bahaya malware sudah berubah menjadi tidakan yang lebih jahat lagi, seperti mencuri dan merampok segalanya.

Jenis malware seperti ini biasanya disebut Spyware. Ini adalah turunan dari malware lain yakni Adware. Adware ini kerjanya mengawasi (merekam) kebiasaan orang dalam beraktifitas di internet. Tujuannya untuk beriklan ketika orang sedang browsing di internet, melalui pesan pop up ataupun email spam.

Mirip dengan Adware, spyware melakukan hal yang sama namun bedanya ia akan berusaha mencuri data data yang lebih berharga dari sekedar browsing dan email spam. Seperti mencuri data data keuangan kita, misalnya nomor kartu kredit, user name dan password email, ataupun data data penting lainnya. Ini dilakukan secara diam-diam tanpa si pemilik komputer menyadarinya.

Salah satu cara yang dilakukan spyware adalah dengan merekam aktifitas pada keyboard. Misalkan kita mengunjungi suatu situs, kemudian mengetikkan user name dan password melalui keyboard. Nah, si spyware ini akan mencatat situs mana yang kita kunjungi dan juga merekam semua karakter yang kita ketik ketika mengunjungi situs tersebut. Nomor kartu kredit, nomor KTP semuanya bisa direkam oleh spyware tersebut. Software yang digunakan untuk merekam pengetikan pada keyboard ini dinamakan Keylogger.

Ada cara mudah untuk mengatasi masalah ini, yakni dengan menggunakan Virtual Keyboard seperti yang terdapat pada Windows Vista. Ya, Windows Vista telah dilengkapi fitur ini.

Dalam sebuah uji coba di Jakarta baru-baru ini, Kaspersky mendemonstrasikan Virtual Keyboard pada sebuah Notebook yang sudah ter-Instal Keylogger. Keylogger ini berhasil merekam karakter yang ditekan pada keyboard biasa dan Virtual Keyboard Windows Vista. Tetapi ketika diuji coba pada Virtual Keyboard milik Kaspersky Internet Security 2010, keylogger ini gagal merekam.

Jika Anda sudah memiliki Kaspersky Internet Security 2010 maka jangan lupa mengaktifkan Virtual Keyboard Kaspersky ketika sedang mengisi data data penting anda di Internet agar tidak bisa di rekam oleh keylogger.

Caranya:

1. Buka jendela utama Kaspersky Internet Security 2010

2. Klik [Online Security] yang ada di menu sebelah kiri

3. Klik [Virtual Keyboard]

Salam,
Antasari R.

NB:
1. Silahkan diKOMENTARI, kritik dan saran saya harapkan dari teman2 agar blog ini
bisa lebih baik
2. Beri tanda LUCU,MENARIK dan atau KEREN
3. MOHON berbagilah dengan teman2 Anda di FACEBOOK atau yang lain dengan menandai LOGO di bawah ini! Terima Kasih...