Jumat, 25 Juni 2010

Komputer Sering Hang dan Tiba-tiba Mati


Begitu banyak kasus gangguan komputer yang saya temui di lapangan, seprti halnya komputer  sering Hang dan atau tiba-tiba mati. Ini terjadi karena suhu pada komputer terlalu tinggi. Lebih tepatnya adalah karena processor kepanasan...

Penyebab pertama biasanya adalah  karena Heatsink penuh debu dan yang kedua adalah karena Heatsink tidak rapat lagi oleh karena kaki heatsink sudah cacat, patah atau retak penguncinya sehingga tidak mencengkeram mainboard dengan baik,

yang ketiga Kipas tidak berfungsi dengan baik. Hal ini jangan dibiarkan segera benahi jika tidak Komputer anda bisa makin parah. Bisa-bisa Mainboard kalah dan Harddisk jadi bad sector.
Langkah-langkah penanganannya adalah sebagai berikut ( uraian di bawah ini adalah komputer dengan mainboard untuk soket processor jenis LGA ) :

  1. Buka casing CPU lalu, lepaskan kabel-kabel Power Supply yang melekat pada Harddisk, CDrom, Kipas dan Floppy jika ada. Lepaskan pula kabel-kabel yang terpasang di mainboard seperti kabel USB depan, Switch Power dll. Jika menggunakan VGA Card atau Sound Card juga lepaskan satu per satu. Untuk yang baru belajar bongkar, buatlah gambaran yang bisa memudahkan anda memasang ulang kabel-kabel dan Card2 tersebut. Pokoknya harus konsentrasi penuh. 
  2. Buka sekrup yang ada pada Mainboard lalu angkat Mainboard pelan-pelan.
  3. Selanjutnya Lepaskan Memory, lalu buka Heatsink dengan hati-hati, jika ragu call aja ke 081355102930, ( jika Anda berada di Wilayah Kota Bone, Kami siap datang )   kemudian bersihkan debu yang ada. Perhatikan kaki2 Heatsink apakah masih bagus alias tidak ada yang cacat, patah atau retak penjepitnya. Jika ada yang kelihatan tidak beres segera ganti dengan Product "F" yang langsung pake baut jadi lebih kuat dan tahan lama. Harga di wilayah kami 100 ribu lebih. Jika Heatsink Komputer Anda kelihatan masih bagus, silahkan bersihkan dari debu2 yang ada. Cek pula putaran kipas heatsink, apakah terasa keras? Jika terasa keras coba beri minyak pelumas atau semprot pake cairan anti karat pada poros kipas tsb. Biasanya setelah diberi pelumas atau disemprot kipas jadi mudah berputarnya.
  4. Jika semua sudah beres, segera pasang kembali dengan hati2.


Semoga berhasil.
Mau belajar Servis Komputer?
Belajar Komputer Bone
081355102930