Sabtu, 04 September 2010

Antisipasi Kejadian Paper Jammed pada Printer


Seringkali kita menemui masalah saat hendak mencetak hasil pekerjaan di printer. Masalah tersebut salah satunya adalah paper jam. Apa itu Paper Jammed ? Paper Jammed menurut pengertian saya adalah kejadian di mana printer tidak bisa menarik kertas karena adanya sesuatu hal ( bisa berupa benda yang tertinggal di jalan masuk kertas ), sehingga kertas tersangkut di dalam printer. Saya pernah menemukan pecahan kaca, pulpen bahkan hewan kecil di dalam printer dan itu semua menyebabkan printer tidak bisa menarik kertas. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi tengah diburu waktu.


Oleh karena itu, mengetahui beberapa penyebab terjadinya paper jammed menjadi satu hal yang penting agar masalah tersebut tidak terulang di kemudian hari. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kertas yang terlampau banyak pada paper tray merupakan penyebab utama terjadinya paper jammed, oleh karenanya setiap pengguna printer sebaiknya tidak memasukan kertas kedala paper tray sampai penuh, namun seperlunya saja. Pastikan juga sebelum memasukkan kertas ke dalam paper tray. kertas tersebut tidak menempel satu sama lain, hal ini biasanya terjadi saat kertas baru dibuka dari kemasan, atau terlipat karena ini juga menyebabkan kertas tersangkut.

2. Tidak semua kertas bisa digunakan pada printer, misalnya saja kertas yang terlampau tebal hanya bisa ditangani oleh merek dan jenis printer tertentu. Oleh karenanya baca dengan seksama buku manual printer dan cari tahu kertas jenis apa saja yang bisa digunakan pada printer tersebut.

3. Kebersihan printer juga menjadi pemicu paper jammed. Untuk itu, khusus untuk printer ink jet, setelah semua sambungan ke printer dilepas. perlahan bukalah printer dan bersihkan bagian dalamnya. Cermati roda maupun gir yang ada di dalamnya dan coba bersihkan dengan menggunakan kain lembut dan blower, atau bila perlu alkohol juga bisa digunakan untuk lebih menjamin kebersihan printer. Jika ragu saat hendak melakukan langkah ini, sebaiknya ajak rekan yang lebih mengerti, jangan sampai niat baik malah berujung pada kerusakan yang lebih parah pada printer.

4. Terakhir jika langkah - langkah di atas sudah dilakukan dan masalah tetap ada, sebaiknya bawa printer ke tempat servis resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut karena mungkin ada komponen printer yang sudah rusak

Nah, teman2 jika segala upaya sudah dilakukan dan hasilnya masih nihil, Call me in 081355102930

Regards,
Antasari R.