Minggu, 11 April 2010

Mengembalikan File Hidden Akibat Ulah Virus

Suatu ketika saya mendapati sebuah Komputer salah seorang teman yang terinfeksi virus, saya gak tau lagi apa nama virus tsb, dan virusnya hebat juga. Beruntung datanya yang ada di C masih bisa saya pindahkan ke D lalu saya melakukan installasi OS Windows XP sp2. Nah! Setelah saya menginstallnya, kemudian saya scan dengan 3 jenis antivirus, namun apa yang terjadi? Hanya sebagian saja virusnya terdeteksi dan bisa dihapus. Jadi masih ada Virus lain yang tidak dikenali oleh antivirus yang saya gunakan kala itu…saya? Saya kagak ngerti yang namanya script virus atau apalah mengenai virus…..apalagi mau membasmi virus itu secara manual…??? Taunya sih cuman andalin antivirus gratis PCmedia atau AVG ama Avira ( Smadav belum saya kenal saat itu karena belum pernah online….he…he…he…kacian de aq….!) Terus...?
Setelah semua proses scan dari beberapa antivirus tersebut, saya mulai melihat apa yang terjadi di drive D dan E…rupanya semua folder hilang…!!!Betapa kagetnya saya pada waktu itu…, tetapi saya tidak yakin bahwa data-data yang ada di sana hilang semua… Dengan tenang saya mulai mencoba membuka “explorer” dan menuju ke menu “Tools-FolderOption”, lalu pada tab “view” saya klik…kemudian pada option “do not show hidden file and folder” saya rubah pada posisi “show hidden file and folder”,.lalu saya hilangkan tanda pilihan pada “Hide extentions for known file types”, demikian juga pada “Hide protected operation system files “ saya hilangkan juga tanda pilihannya dengan melakukan klik padanya…..Alhamdulillah..semua folder rupanya terHidden karena ulah virus yang bersemayam di computer tsb. Saya mulai melakukan klik kanan pada salah satu Folder dan memilih properties ( maksudnya mau mengembalikan ke posisi Normal alias buat file tidak hidde lagi ) soalnya pemandangan jadi tidak familiar dengan kondisi seperti itu, sepertinya masih kagak normal gitu. Tapi rupanya “sial!”kagak bisa!!! Nah! Teman-teman yang baru belajar Install Komputer…jika belum pernah menemukan hal seperti ini, Belajar Komputer Bone kasi tipsnya nih….silahkan download softwarenya cari di www.petges.lu. Nama softwarenya adalah “Attributte Changer” saat ini penulis memakai versi 5.21. Setelah dapat Softwarenya, install pada komputer, setelah selesai maka jika kita melakukan klik kanan pada folder yang terhidden kita akan mendapati satu tambahan menu pada klik kanan pada mouse yang diberi nama

“change attributes”

Klik Change Attributes tersebut lalu muncul jendela “change attributes”

pilih Tab “Folder Attributtes”

buka tanda centang pada kotak pilihan yang bertuliskan “Hidden"

maka sekarang Folder anda sudah kembali normal seperti semula….

Masih ada trik yang lain tanpa menggunakan software…
pokok e ikuti aja terus BelajarKomputerBone

Regards: Antasari R.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar ya...trims